vvv
ubin-difabel-teraso-4
Ubin Difabel Terramix

Jalan merupakan akses bersama yang digunakan masyarakat untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari sekolah, bekerja, berjalan-jalan, dan aktivitas lainnya. Jalan idealnya bisa diakses oleh masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk juga mereka yang memiliki kebutuhan khusus, seperti tuna netra. Oleh karenanya, ada banyak jalan yang dilengkapi dengan pengarah jalan atau Guiding Block pada setiap jalan umum dan fasilitas umum.

Guiding Block adalah ubin pengarah atau pemandu jalan yang biasa difungsikan untuk tuna netra agar bisa mengetahui arah jalan. Bentuknya berupa ubin yang memiliki desain khusus, seperti bulatan-bulatan dan garis-garis yang memiliki kontur timbul. Kontur ini mengadaptasi huruf braile, sehingga jalan dapat dengan mudah dikenali oleh para penyandang tuna netra.

Pemasangan ubin pengarah jalan ini tidak asal-asalan, melainkan ada peraturan pada penerapannya, yaitu Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan. Salah satu aksesibilitas yang dimaksud adalah ketersediaan fasilitas khusus di seluruh fasilitas umum dengan memanfaatkan Guiding Block atau ubin pengarah jalan. Fasilitas publik yang dimaksud adalah stasiun kereta, terminal, taman kota, tempat penyebrangan umum, dan lain sebagainya yang kerap dilalui untuk jalan umum.

Adapun jaur-jalur yang harus dilengkapi dengan ubin pengarah jalan adalah jalur pejalan kaki atau trotoar, jalan menuju tangga, jalan di depan pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalan di depan pintu masuk dan keluar, jalur lintas kendaraan, jalur umum lainnya. Selain jalur dan fasilitas umum, Permen nomor 30 tersebut juga menyatakan, bahwa bangunan gedung harus memiliki fasilitas dan aksesibilitas seperti ini untuk memudahkan para difabel atau orang lanjut usia.

Ubin Pengarah Tuna Netra Terramix

ubin-difabel-terramix-2
Ubin Difabel Bahan Teraso Terramix

Pola garis panjang dan bulatan pada ubin pengarah memiliki makna, sehingga tidak bisa dibuat sembarangan dan pemasangannya harus menggunakan ubin pengarah yang terbaik. Pola garis panjang timbul memiliki arti jalan terus atau berfungsi sebagai pengarah jalan. Sedangkan, pola bulat-bulat timbul memiliki arti berhenti atau ada halangan yang membuat kondisi jalan berubah. Selain itu, ubin pengarah biasanya dicat dengan warna kuning atau oranye agar warnanya mencolok dan mudah dikenali banyak orang.

Jenisnya pun sebetulnya berbeda pada setiap jenis jalur. Ubin pengarah difabel dengan material keramik atau ubin, biasanya digunakan untuk fasilitas umum. Ubin pengarah dengan bahan batu alam, biasanya digunakan untuk trotoar dan beberapa fasilitas umum terbuka lainnya, seperti taman. Sedangkan, untuk bahan logam dengan warna silver, biasanya dipasangkan di jalan-jalan yang berbahan aspal. Sehingga, warnanya tetap menyala, namun tidak terlalu mengganggu pengguna jalan lainnya.

Ubin pengarah tuna netra tidak bisa sembarangan dibuat. Karena penempatannya lebih banyak di luar ruangan, maka sebaiknya menggunakan material terbaik agar lebih menjamin ketahanan dan kekuatannya bertahan pada segala jenis cuaca. Jika asal dalam pembuatan ubin pengarah jalan, maka materialnya akan mudah rusak dan tidak bertahan lama atau tidak awet.

Namun demikian tentu saja, harga ubin pengarah tuna netra  dari Terramix cukup terjangkau. Harga yang dibanderol juga dibedakan berdasarkan faktor lainnya, seperti jenis bahan yang digunakan untuk pembuatannya. Jenis bahan logam biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya, seperti teraso dan batu alam. Oleh karenanya, bahan yang sering digunakan adalah teraso dan batu alam.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Ubin Pengarah Tuna Netra, silahkan klik Whatsapp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) atau email di : info@dw-corporation.com

Harga Ubin Pengarah Tuna Netra

Share this :
Open chat
Halo, ada yang bisa saya bantu?
Halo, Terima kasih telah mengunjungi Terramix. Yuk, klik Open Chat untuk diskusi lebih lanjut mengenai kebutuhannya.