Ubin teraso cor tidak hanya digunakan sebagai bahan lantai tetapi juga untuk penghias dinding rumah Anda. Bahan teraso ini terdiri dari serpihan batu, seperti marmer, kuarsa, granit atau bahkan kaca, dituangkan bersama dengan pengikat dan/atau polimer.

Yang dimaksud dengan pengikat adalah campuran semen, sedangkan polimer adalah zat untuk pengikatan tambahan. Rasio chip untuk semen adalah 3:1. Chip atau butiran-butiran batu ini  biasanya memiliki warna yang beragam untuk penampilan rumah yang lebih baik dan lebih disukai secara estetis.

Tips Pemasangan Ubin Teraso Cor

lantai-teraso (2)
Tampilan lantai teraso cor untuk area indoor

Lantai teraso dapat dipasang dengan ketebalan yang berbeda. Izinkan kami menjelaskan kepada Anda proses pemasangan Lantai Teraso dengan ketebalan 40 mm. Pertama, sub-base dan dasar beton disiapkan dahulu sebelum memasang ubin teraso.

Lapisan lantai setebal 40 mm yang disediakan biasanya terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah lapisan atas Teraso setebal 6 mm, dan yang kedua adalah lapisan beton semen setebal 34 mm dengan perbandingan 1:2:4.

Sebagai langkah pertama, seluruh lantai dibagi menjadi beberapa bagian terpisah dengan bantuan strip logam atau kaca dengan ketebalan sekitar 1,5 mm. ‘Panel’ akan ini dibatasi hingga sekitar 2 meter persegi. Setelah membersihkan beton dasar dan membasahi dengan air, lapisan campuran semen kemudian diterapkan untuk menambahkan daya ikat.

Sekarang, beton di bawah lapisan dengan ketebalan 34 mm diletakkan dan diberi permukaan akhir yang kasar. Di atas lapisan ini, ubin teraso kemudian diletakkan dengan posisi yang agak menjauh.

Tampilan dasar dengan setidaknya 60% dari serpihan batu telah tersebar dengan baik harus dipastikan. Lebih banyak serpihan batu dapat ditambahkan jika memang dianggap perlu.

Kemudian, proses akan dilanjutkan dengan proses tamping dan rolling, kemudian dibiarkan mengering selama kurang lebih 18 jam. Hasil ini kemudian dibiarkan untuk beberapa hari.

Proses dilanjutkan dengan memoles permukaan ubin teraso dengan alat poles. Proses poles teraso dilakukan dengan mengikuti pola dan celah yang ada. Hasil sementara akan dibiarkan selama beberapa hari, diikuti oleh penggilingan kedua dan kemudian putaran ketiga.

Permukaan yang sudah jadi akhirnya bisa dipoles dengan menggunakan beberapa larutan asam Oksalat; lantai dipoles sampai berkilau.

Kelebihan Ubin Teraso

  • Lantai teraso biasanya sangat tahan lama dan padat. Oleh karena itu, ubin ini sangat cocok untuk ruang-ruang di rumah Anda.
  • Perawatannya sangat mudah dan dapat dijaga kebersihannya tanpa bantuan pembersih abrasif.
  • Sumber bahan untuk lantai teraso sepenuhnya alami; sehingga tidak menggangglu keseimbangan lingkungan. Bahkan, ubin ini bisa Anda daur ulang.

Kekurangan Ubin Teraso

  • Permukaan lantai teraso bisa menjadi sangat licin, dan karenanya tidak aman untuk anak-anak dan orang tua.
  • Karena tidak adanya bantalan, rasanya sangat sulit untuk berdiri di atas lantai teraso tanpa alas kaki dalam waktu lama.
  • Lantai teraso juga berat di kantong (beberapa motif memang memiliki harga yang cukup mahal, terutama di biaya pemasangan).
  • Pemasangan harus dilakukan hanya oleh para profesional yang berpengalaman, tidak seperti beberapa bentuk ubin lainnya, yang bahkan bias Anda pasang sendiri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan ubin teraso dari bahan material teraso produksi Terramix, silahkan hubungi kami dengan klik Whatsapp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) atau melakukan pemesan online via E-Commerce : https://terramix.myshopify.com/

Share this :
Open chat
Halo, ada yang bisa saya bantu?
Halo, Terima kasih telah mengunjungi Terramix. Yuk, klik Open Chat untuk diskusi lebih lanjut mengenai kebutuhannya.